29.9 C
New York

Briket Sekam Padi sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Pertanian oleh Mahasiswa KKN dDesa Pematang Johar 

Published:

Medan, Persma Kreatif — Mahasiswa KKN Unimed 2022Desa Pematang Johar, Kec. Labuhan Deli, Kab. Deli Serdangmengadakan sosialisasi kepada masyarakat. Hal yang disosialisasikan adalah pemanfaatan limbah pertanian berupa sekam padi menjadi briket yang memiliki nilai pakai, Selasa(16/8).

​Sebagai salah satu desa yang memiliki potensi besar di bidang pertanian khususnya tanaman padi, limbah tani berupa sekam sangat mudah ditemui di desa ini. Tak jarang sekam padi yang sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali, dibuang begitu saja. Oleh karena itu, mahasiswa yang melaksanakan KKN diDesa Pematang Johar berinisiatif untuk mengolah  sekam.Dengan memanfaatkan tepung kanji sebagai bahan tambahan,sehingga dapat dihasilkan briket sekam padi yang memiliki nilai pakai bagi masyarakat setempat.

​Sosialisasi diadakan di posko mahasiswa KKN, tepatnya di dusun VI yang dihadiri beberapa masyarakat desa dari berbagai kalangan mulai dari petani dan ibu rumah tangga. Sosialisasi ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan limbah pertanian menjadi produk yang memiliki nilai pakai. Masyarakat desa antusias dan menerima dengan baik sosialisasi tersebut. Tim KKN Unimed berharap sekam padi yang biasanya langsung dibuang, dapat dimanfaatkan menjadi briket yang berguna untuk kehidupan sehari-hari masyarakat.

​“Jika dibandingkan dengan briket pada umumnya, kualitas briket dari sekam padi ini memang yang paling rendah. Tapi kami berharap briket sekam padi ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi limbah pertanian. Khususnya tanaman padi agar memiliki nilai pakai yaitu berupa briket yang dapat dimanfaatkan masyarakat,” tutup salah satu mahasiswa KKN Unimed.

Kru: Citra dan Gita

Related articles

Recent articles