23 C
New York

Bincang-bincang Santai Literasi itu Penting Gak Sih?

Published:

Medan, Persma Kreatif — Duta Penggerak Literasi  Indonesia mengadakan bincang-bincang santai bertema “Literasi itu Penting  Gak  Sih?”. Pada Minggu (06/11) pukul 20.00- 21.30 WIB melalui live Instagram. Bincang-bincang santai iniberkolaborasi antara Duta Penggerak Literasi Sumatera Utara yaitu Meli Miranda Tambunan dengan Duta Penggerak Literasi Gorontalo yaitu Miranda Putri Beleneti.

​Kegiatan bincang-bincang diawali dengan perkenalan diri dari masing-masing Duta Penggerak Literasi Sumatera Utara dengan Duta Penggerak Literasi Gorontalo. Setelah itu, dilanjut dengan pemaparan materi dari setiap duta.

​“Literasi  adalah kemampuan membaca dan menulis. Literasi sangatlah penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Apalagi dalam dunia pendidikan yang memberikan dampak terbesar untuk kemajuan bangsa. Dengan kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang mendapatkan informasi ataupun ilmu pengetahuan dengan sangat mudah dari berbagai media. Kita bisa membaca berita di twitter, instagram, facebook, novelme, watpad dan masih banyak lagi. Tanpa memerlukan buku dan pensil” ujar Meli Miranda Tambunan.  

​Kegiatan ini berlangsung selama satu setengah jam. Banyak keseruan didalamnya, diantaranya pemaparan materi yang santai membuat para penonton antusias dan betah di live streaming tersebut. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada para duta.

​Diakhir, live streaming ini ditutup dengan kesimpulan dan close steatment dari masing-masing duta. Dan berakhir tepat pada pukul 09.30 WIB.

​Meli Miranda Tambunan selaku Duta Penggerak Literasi Sumatera Utara mengatakan “ Minat baca bisa kita tanamkan dengan cara membawa buku kemanapun kita pergi. Agar setiap ada waktu luang seperti sedang menunggu antrian dan sebagainya kita bisa memanfaatkannya untuk membaca.  Tidak  masalah berapa lembar halaman yang kita baca namun yang penting adalah menanamkan kebiasaan” ujarnya. 

“Upaya meningkatkan kemampuan literasi juga bisa dilakukan dengan membuat target buku apa saja yang harus kita baca dalam waktu tertentu. Contohnya dalam sebulan temen-temen membeli 2 buku baru,  maka keduanya harus selesai dibaca pada bulan tersebut” lanjut Miranda Putri Beleneti selaku Duta Penggerak Literasi Gorontalo.

​Tujuan bincang-bincang santai ini diadakan agar menambah pengetahuan akan pentingnya budaya membaca dan menulis. Mengajak anak muda untuk mencintai literasi. Dikarenakan generasi muda berperan penting didalam meningkatkan budaya literasi masyarakat. Apalagi di dunia pendidikan, budaya membaca dan menulis sangat berperan besar di dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Kru : Meli Miranda Tambunan

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles