8.8 C
New York

Mengenalkan Buku Pada Anak Sejak Dini, Penting Nggak Sih?

Published:

    Usia dini kerap kali dianggap sebagai usia saat anak-anak belum mengerti banyak hal, termasuk membaca buku. Para orang tua kerap kali menganggap bahwa sang anak belum memahami apa isi buku sehingga berakhir menunda pengenalan buku terhadap anaknya. Padahal, pengenalan buku pada anak dapat dilakukan sejak anak berusia balita dengan cara yang sederhana, seperti membacakan buku cerita pada anak sebelum tidur. Saat orang tua membacakan buku, proses pembelajaran terjadi tanpa disadari. Mengenalkan buku pada anak di usia dini merupakan hal yang penting dilakukan untuk menumbuhkan minat anak untuk membaca buku. Selain itu, pengenalan buku kepada anak di usia dini memiliki banyak manfaat lain, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan Hubungan Anak dan Orang Tua

Saat orang tua membacakan buku pada anak, maka akan terjadi interaksi pada dua belah pihak. Semakin banyak waktu dan interaksi yang terjadi, maka hubungan orang tua dan anak akan semakin erat baik fisik maupun emosional.

  1. Menambah Kosa Kata Anak

Saat anak mendengarkan orang tua membacakan buku cerita, anak akan menemukan kosa kata baru dan mengingatnya yang kemudian akan mereka gunakan pada saat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Bertambahnya kosa kata anak dapat meningkatkan keterampilan mereka berkomuikasi dan mengungkapkan kata-kata dengan jelas dan mudah dimengerti. Selain itu, membacakan buku pada anak juga dapat mengenalkan anak pada banyak hal, seperti konsep bercerita, huruf, warna, angka, dan informasi pada cerita yang dapat mereka temui di kehidupan nyata. Dengan begitu, anak dapat belajar mengenai hal-hal di sekitarnya dan mendeskripsikannya berdasarkan apa yang mereka baca dan dengarkan.

  1. Meningkatkan Rangsangan Otak

Semakin sering orang tua membacakan buku pada anak, maka fungsi otak anak akan semakin aktif. Saat mendengarkan orang tua bercerita, anak akan aktif berpikir dan mengingat cerita yang dibacakan sehingga otak anak akan aktif bekerja dan semakin berkembang. Selain itu, mengenalkan membaca pada anak sejak kecil memudahkan anak belajar membaca karena telah terbiasa pada banyak kosa kata.

  1. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas Anak

Saat anak mendengarkan orang tua membacakan cerita, anak akan mulai berimajinasi sesuai dengan apa yang didengarkannya. Anak akan mulai membayangkan hal-hal yang sesuai dengan apa yang didengarkannya. Semakin sering anak berimajinasi, maka semakin meningkat pula kreativitas anak. Sebab, berimajinasi membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan scenario dalam otak yang sesuai dengan cerita sehingga anak akan menjadi semakin kreatif dan dapat membantunya mengembangkan ide-ide baru yang diperolehnya. 

  1. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak

Melalui pengenalan buku pada anak sejak dini, kemampuan kognitif anak akan semakin meningkat dan berkembang. Kemampuan kognitif melibatkan perhatian, ingatan, penggunaan kosa kata, pemecahan masalah, dan berpikir logis. Saat orang tua membacakan buku pada anak, sang anak akan memberikan perhatian pada apa yang dibacakan, mengingat, memperoleh dan mengaplikasikan kosa kata, mencoba memecahkan masalah pada cerita dengan cara berpikir logis. Sehingga, kemampuan kognitif anak akan semakin terasah dan akan membantunya kelak untuk bersosialisasi saat mereka beranjak dewasa nanti.

Buku merupakan media yang baik untuk anak mempelajari banyak hal. Seperti yang telah dipaparkan, buku memiliki banyak manfaat bagi anak. Sehingga, pengenalan buku pada anak di usia dini sangat penting untuk dilakukan untuk meningkatkan minat membaca anak yang mampu mendukung pertumbuhannya dengan baik.

Related articles

Recent articles