asd
25.9 C
New York

Jadian-jadianUrban Legend dari Padang Lawas

Published:

Sebagai Negara yang kaya akan suku, budaya, agama dan adatistiadat, Indonesia dikaruniai keberagaman yang luar biasatermasuk dalam hal urban legend di setiap daerahnya. Urban Legend atau dalam Bahasa Indonesia disebut legenda urban merupakan mitos atau legenda kontemporer yang seringkalidipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakanberkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor, atau bahkankisah moral. Legenda urban tidak selalu berarti kisah bohongnamun sama seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut. Legenda Urban juga sering dibesar-besarkan sehingga menjadilebih sensasional. Ada begitu banyak legenda urban yang berkembang di masyarakat Indonesia, salah satunya legendaurban mengenai sosok hantu misterius dari salah satu kabupatendi Provinsi Sumatera Utara, yakni Padang Lawas yang dikenaldengan sebutan Jadian-jadian.

Jadian-jadian merupakan sebutan untuk sesosok hantu misteriusyang diceritakan para orang tua zaman dahulu kepada anak-anaknya di wilayah Padang Lawas. Jadian-jadian dipercayasebagai jasad manusia yang ditempeli oleh begu (setan). Ada yang mengatakan bahwa jasad yang telah ditempeli begutersebut akan bermetamorfosis menjadi 7 rupa binatang. Wujudke-7 dari Jasad tersebut akan menjadi wujud akhir dari jadian-jadian. Beberapa binatang yang kerap kali dipercaya bisamenjadi jelmaan jadian-jadian adalah monyet dan harimau. 

Pada fase awal, jasad yang menjadi jadian-jadian setiap tengahmalam akan pergi menuju rumah keluarganya untuk memintamakanan. Jadian-jadian akan mengetuk pintu atau jendelarumah seraya mengucapkan sesuatu yang pada intinya adalahuntuk meminta makanan. Adapun makanan dari jadian-jadianadalah ukkur atau dalam Bahasa Indonesia disebut kerak nasi. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa jadian-jadian sukamemakan buah-buahan seperti pepaya dan juga bubur. Jadian-jadian akan terus datang meminta makanan kepada keluarganyasampai ia mengalami fase terakhir yakni menjadi hewanseutuhnya. Pada beberapa kejadian, ada jadian-jadian yang pergi ke rumah keluarganya dan tidak mau kembali ke tempatasalnya. Jika sudah begini, salah satu dari keluarganya akanmenggendong si jadian-jadian untuk membawanya pergi kesuatu tempat yang jauh dari perkampungan. 

Kematian seseorang dalam suatu keluarga dapat diprediksiapakah akan menjadi jadian-jadian atau tidak. Biasanya orang yang selama hidupnya pelit, suka mencari ribut dengan tetangga, dan perbuatan-perbuatan jelek lainnya dipercaya berpotensi akanmenjadi jadian-jadian. Salah satu dari anggota keluarga akanmengecek kuburan kerabatanya yang meninggal selamabeberapa hari pasca kematian secara rutin untuk memastikanbahwa kuburan tersebut tidak muncul lubang. Kemunculanlubang pada kuburan dipercaya merupakan salah satu tandabahwa jasad dalam kuburan tersebut telah ditempeli begu ataudengan kata lain telah menjadi jadian-jadian. Jika anggotakeluarga tadi mendapati lubang pada kuburan kerabatnya, makakeluarga akan bersiap-siap dengan kedatangan si jadian-jadianyang sewaktu-waktu bisa datang untuk meminta makanan.

Terlepas dari benar atau tidaknya, urban legend khas masyarakatpadang lawas ini tetaplah warisan nenek moyang yang harusdilestarikan. Adanya sosok jadian-jadian ini telah memberikandampak yang positif terutama bagi anak-anak agar senantiasaberperilaku baik semasa hidupnya. Sosok jadian-jadian ini jugasering di jadikan sebagai dongeng pengantar tidur oleh para orang tua agar anaknya tidak tidur larut malam.

Kru : Ali Ahmatul Umri Hasibuan

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles